Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

Anda tahu makanan apa di Indonesia yang sering ditaburi oleh daun seledri? Pasti, BAKSO jawabannya! Iya kan? Memang seledri di Indonesia adalah jenis tanaman populer yang mana hampir semua orang sudah tahu. Tetapi belum tentu juga semua orang tahu kalau seledri selain membuat makanan jadi terasa nikmat juga banyak manfaat yang ada dalam kandungan zat – zatnya. Manfaat makan daun seledri untuk kesehatan tidak lah sedikit.

Selain di Indoensia seledri sebagai salah satu jenis sayuran juga banyak dikenal di berbagai negara. Kalau di Indonesia sebagai pelengkap kuah bakso kalau di negara lain adalah sebagai pelengkap kuah sup. makan kuah sup tidak akan lengkap rasanya jika tanpa ada irisan seledri di dalamnya. Penyajian seledri ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, selain disajikan segar juga bisa dalam bentuk kering.

Sudah banyak akademisi yang melakukan penelitian tentang jenis sayur yang satu ini. Penelitian dilakukan untuk manfaat seledri baik dari biji, batang dan dan seledri.  Dari banyak manfaat seledri itu sendiri bisa disimpulkan dengan perincian sebagai berikut:

  • Sebagai obat penurun tekekanan darah
Studi menunjukan bahwa ada pengaruh terhadap penurunan tekanan darah setelah mengkonsumsi ektrak biji seledri. Ada juga penelitian lainnya yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus seledri berdampak pada turunnya tekanan darah yang dilakukan pada pasien hipertensi. Dari total 16 pasien yang dijadikan proyek penelitian ternyata 14 orang mengalami penurunan tekanan darahnya.

  • Bisa untuk mencegah kanker
Salah satu zat yang terkandung dalam seledri adalah flavanoid dalam jenis luteolin. Zat ini terdapat  dalam jumlah yang banyak sehingga baik dikonsumsi sebagai pencegah penyakit kanker. Karena peneliti meyakini bahwa zat luteolin mempunyai kemampuan untuk menghambat sel kanker.

  • Makanan pendukung untuk program diet
Jika Anda sedang melakukan program diet seledri adalah asupan yang tepat untuk mendukung program diet yang Anda jalankan. Bukan untuk membakar kalori lebih banyak akan tetapi seledri bisa dipakai untuk menjalankan program tersebut karena seledri adalah jenis sayuran yang kaya serat dan rendah kalori. Dengan begitu seledri bisa dimasukan ke dalam schedule menu harian untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Untuk membantu meredakan sakit saat haid
Beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan menkonsumsi biji seledri atau produk yang mengandung biji seledri dapat membantu mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri saat haid.  Memang jenis sayuran ini mempunyai kasiat yang mumpuni sebagai obat dan penyembuh beberapa penyakit. Sayuran seledri mengandung zat kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin, A, B12, dan C.  Yang mana kandungan yang ada di dalamnya bisa untuk mengobati rasa nyeri saat haid.

  • Membantu mengusir nyamuk
Kandungan extrak seledri dalam campuran gel pengusir nyamuk mampu bertahan selama 4 jam yang didasarkan pada beberapa penelitian. Gel ini bisa disejajarkan dengan produk – produk komersil yang ada di pasaran sebagai obat luar pengusir nyamuk.

Selain yang sudah diutarakan diatas ada beberapa manfaat lain jika suka konsumsi seledri, diantaranya untuk membantu: meredakan sakit kepala, meningkatkan nafsu makan, mengurangi rasa lelah dan membantu melancarkan buang air besar. Manfaat lainnya adalah sebagai relaksan otot atau pelemas otot sehingga dapat membantu tubuh menjadi lebih relaks dan tidur jadi lebih nyenyak.

Walaupun banyak manfaatnya untuk konsumsi seledri tidak bisa juga asal – asalan bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan tertentu. Misalnya mereka yang ada riwayat alergi, kelainan pendarahan, gangguan ginjal, penderita tekanan darah rendah dan menjelang tindakan operasi. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi seledri terlebih dahulu  karena ada resiko kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran.

0 Response to "Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel