Kasiat Daun Dewa Bagi Kesehatan

kasiat daun dewa
Indonesia adalah surga untuk tanaman obat atau masyarakat kita lebih sering menyebutnya tanaman apotik hidup.  Selain murah atau bahkan bisa didapatkan secara gratis juga mudah untuk membudidayakannya. Salah satu jenis tanaman obat yang populer di masyarakat indonesia adalah “DAUN DEWA” atau (Gynura Procumbens).  Apa saja sih manfaat dari tanaman yang satu ini sehingga banyak dipakai sebagai obat oleh orang Indonesia. Kita manfaatnya adalah sebagai berikut:



1. Bisa untuk mengobati Kanker Payudara
Apa sebab daun dewa bisa dikatakan dapat mengobati kanker payudara, ternyata usut punya usut dalam kandungan daun dewa ada senyawa protein yang bernama peroksidase. Dari penelitian University Sains Malaysia mengatakan bahwa protein jenis peroksidase ini dapat bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh sebab itu maka dikatakan bahwa daun dewa mempunyai potensi untuk proses penyembuhan perempuan yang terkena kanker payudara. Bisa dikatakan daun dewa adalah sebagai obat alternatif yang disediakan alam untuk para penderita kanker payudara.

2. Obat Herpes
Didukung oleh hasil penelitian oleh para pakar kesehatan yang sudah kompeten di bidangnya mengatakan bahwa daun dewa mengandung senyawa ekstrak etanol.  Riset ini dilakukan oleh pakar dari Thailand dan Jerman yang mengatakan bahwa ekstrak etanol bisa untuk menghambat dan mematikan virus herpes. Virus ini berjenis simpleks HSV-1 dan HSV-2 yang bisa menggandakan diri di dalam tubuh. Temuan ini sudah diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine yang terbit pada tahun 2013.

3. Sebagai Obat Hipertensi
Manfaat ekstrak etanol yang terkandung dalam daun dewa selain bisa membunuh virus herpes, juga dipercaya bisa menjadi obat darah tinggi (hipertensi). Sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi diterbitkan jurnal pada tahun 2013 oleh Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS). Jurnal ini diterbitkan oleh pakar dari University Sains Malaysia

4. Obat Diabetes
Daun dewa sebagai tanaman obat yang populer di masyarakat Indonesia dikenal juga sebagai obat penyakit diabetes.  Mengapa? Karena kandungan yang ada dalam daun dewa bermanfaat untuk mengurangi gejala – gejala yang tidak mengenakan bagi seorang penderita diabetes.  Kandungan utamanya adalah daun dewa mengandung senyawa untuk anti radang sehinga bisa dibuat racikan herbal untuk mengobati penyakit diabetes.

5. Bisa Untuk Obat Stroke
Daun dewa diketahui memiliki sifat antihipertensi dan kardiprotektif, yang dipercaya dapat melindungi jantung. Ini yang menjadi alasan bahwa manfaat daun dewa bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit jantung, termasuk juga stroke. Yang perlu dipahami, stroke adalah kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa. Begitu Anda terserang stroke, langsung dapatkan pertolongan medis sesegera mungkin, jangan ditunda dengan meminum jamu terlebih dulu.

Walaupun banyak manfaatnya dalam mengkonsumsi obat herbal dari tanaman obat sebaiknya bijaksana dalam penggunaannya. Obat herbal yang berupa jamu rebusan rumah relatif aman dikonsumsi karena zat-zat toksik yang mungkin terkandung sudah mengalami perubahan struktur kimia. Namun jangan mengandalkan konsumsi obat-obatan herbal sebagai pilihan pengobatan pertama dan satu-satunya untuk penyakit kronis apapun.

Obat herbal sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, atau menurunkan risiko dari penyakit — bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit dibutuhkan obat resep dokter. Suplemen herbal juga tidak boleh diminum sembarangan karena reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda. Meski punya keluhan sama, belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memberikan khasiat yang sama pada suami atau adik Anda.

Beragam studi yang melaporkan manfaat daun dewa untuk kesehatan pada umumnya masih bersifat terbatas dan kurang kuat. Temuan-temuan di atas masih bersifat dugaan awal karena dibuat hanya berdasarkan uji sampel sel atau jaringan organ tubuh atau pada tikus percobaan di laboratorium.

Terlebih lagi, daun dewa telah dikaitkan dengan keracunan hati, yang bisa mengakibatkan penyumbatan vena hati. Penyumbatan vena hati ditandai dengan pembengkakan hati (hepatomegali) yang terasa sakit, penumpukan cairan, penambahan berat badan, dan menguningnya warna kulit dan mata. Pada hewan, daun dewa dilaporkan menghambat aktivitas enzim pengubah angiotensin, sehingga menyebabkan hipotensi (tekanan darah rendah). Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan klaim manfaat daun dewa untuk kesehatan manusia.

0 Response to "Kasiat Daun Dewa Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel